Iran: Kami Selalu Menyambut Baik Dialog dengan Arab Saudi

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 19 April 2021 - 17:39:00 WIB
Iran: Kami Selalu Menyambut Baik Dialog dengan Arab Saudi
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh. (Foto: AFP)

DUBAI, iNews.idIran mengklaim selalu menyambut baik dialog dengan Arab Saudi. Pernyataan itu menyusul laporan yang menyebutkan bahwa para pejabat kedua negara mengadakan pertemuan untuk merundingkan sejumlah hal, belum lama ini. 

“Kami telah melihat laporan media tentang pembicaraan antara Iran dan Arab Saudi, meskipun laporan itu terkadang memiliki kutipan yang kontradiktif,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, dikutip Reuters, Senin (19/4/2021).

“Yang penting Republik Islam Iran selalu menyambut baik dialog dengan Kerajaan Arab Saudi dan menganggapnya untuk kepentingan rakyat kedua negara, serta perdamaian dan stabilitas kawasan,” ujarnya menambahkan.

Arab Saudi dan Iran memutuskan hubungan diplomatik pada 2016. Kedua negara juga terlibat dalam sejumlah perang proksi di kawasan Timur Tengah, di saat mereka bersaing untuk mendapatkan pengaruh.

Seorang pejabat senior Iran dan dua sumber regional mengatakan kepada Reuters bahwa para pejabat Saudi dan Iran telah mengadakan diskusi di Baghdad, Irak, pada 9 April lalu. Pertemuan itu sebagai upaya untuk meredakan ketegangan kedua negara, di saat Amerika Serikat berusaha menghidupkan kembali pakta nuklir 2015 dengan Teheran dan mengakhiri perang Yaman.

Financial Times adalah media yang pertama kali melaporkan pertemuan pejabat Saudi dan Iran tersebut. Dalam pertemuan tersebut, topik pembicaraan mereka berfokus pada krisis Yaman.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2