Prancis Kirim 12 Meriam Howitzer ke Ukraina Setelah Putin Caplok 4 Wilayah

Umaya Khusniah · Sabtu, 01 Oktober 2022 - 20:56:00 WIB
Prancis Kirim 12 Meriam Howitzer ke Ukraina Setelah Putin Caplok 4 Wilayah
Prancis dapat mengirimkan enam hingga 12 howitzer Caesar baru ke Ukraina. (Foto: armyrecognition)

PARIS, iNews.id - Prancis dapat mengirimkan enam hingga 12 howitzer Caesar baru ke Ukraina. Kabarnya, awalnya howitzer Caesar baru itu ditujukan untuk Denmark. Informasi itu dilaporkan surat kabar Prancis Le Monde pada Sabtu (1/10/2022). 

Sayangnya, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Prancis mengatakan, negara tetap mendukung Ukraina. Namun dia enggan mengomentari laporan tersebut. Istana Elysee juga menolak berkomentar.

Dilansir dari Reuters, Le Monde melaporkan, ketiga negara, Prancis, Ukraina dan Denmark pada prinsipnya telah menyetujui pengiriman tersebut. Namun pembicaraan teknis kini tengah berlangsung.

Surat kabar itu mengatakan, Presiden Prancis Emmanuel Macron membahas topik tersebut dengan Presiden Ukraina Volodimir Zelensky dan Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya, Paris telah mengirimkan 18 howitzer Caesar yang diproduksi oleh grup Prancis Nexter, ke Kiev. Senjata-senjata itu diambil dari persediaan militer Prancis.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pencaplokan wilayah pada Jumat (30/9/2022). Rusia menjanjikan Moskow akan menang dalam operasi militer khusus bahkan ketika menghadapi pembalasan militer baru yang berpotensi serius.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda