Tolak Pencaplokan Wilayah Ukraina, Uni Eropa: Rusia Ancam Keamanan Global!

Antara ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 16:17:00 WIB
Tolak Pencaplokan Wilayah Ukraina, Uni Eropa: Rusia Ancam Keamanan Global!
Bendera Uni Eropa sedang berkibar di depan markasnya di Brussels, Belgia (ilustrasi). (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNews.idUni Eropa secara tegas menolak dan mengecam pencaplokan ilegal empat wilayah Ukraina oleh Rusia. Sikap tersebut disampaikan oleh blok yang beranggotakan 27 negara itu, Jumat (30/9/2022).

“Rusia mengancam keamanan global,” demikian pernyataan gabungan negara-negara anggota Uni Eropa, seperti dikutip pada akhir pekan ini.

Mereka juga menegaskan tidak akan mengakui referendum ilegal “yang direkayasa” Rusia sebagai dalih untuk melanggar lebih jauh kemerdekaan, kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. 

“Krimea, Kherson, Zaporizhzhia, Donetsk, dan Luhansk adalah Ukraina. Keputusan (referendum) ini batal demi hukum dan tidak akan berdampak terhadap hukum apa pun,” kata Uni Eropa.

Para anggota blok itu juga meminta negara lain untuk mengambil sikap yang sama dan tidak mengakui aneksasi wilayah Ukraina oleh Moskow. Sebab, hal itu dapat mengacaukan tatanan internasional yang berbasis aturan seperti Piagam PBB. Menurut mereka, Rusia secara terang-terangan telah melanggar hak-hak fundamental Ukraina.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda