Presiden Belarusia Lukashenko Minta Warganya Minum Vodka Setiap Hari untuk Cegah Corona

Anton Suhartono ยท Senin, 30 Maret 2020 - 14:39 WIB
Presiden Belarusia Lukashenko Minta Warganya Minum Vodka Setiap Hari untuk Cegah Corona

Alexander Lukashenko (Foto: AFP)

MINSK, iNews.id - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menolak memberlakukan lockdown di negaranya terkait wabah virus corona. Tidak hanya itu, dia menyebut vodka dan mandi sauna bisa mencegah dan menyembuhkan penderita Covid-19.

Bahkan sejak beberapa pekan terakhir, Lukashenko meminta warga Belarusia minum 50 mililiter vodka setiap hari untuk mencegah infeksi virus corona.

Sejak awal dia enggan menuruti instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mendesak negara-negara untuk melakukan langkah tegas guna meminimalisasi dampak Covid-19.

Dia bahkan menyebut tindak pencegahan yang dilakukan negara-negara di seluruh dunia sebagai gila dan sakit jiwa.

Lukashenko, dikutip dari The Sun, Senin (30/3/2020), mengatakan, Belarusia tidak menderita sakit jiwa seperti negara-negara Eropa Barat yang memberlakukan pengetatan terhadap warganya.

Belarusia juga tetap akan merayakan Hari Kemerdekaan pada 9 Mei, diisi dengan karnaval para veteran berusia lanjut. Padahal kalangan lanjut usia merupakan kelompok rentan Covid-19.

Terkait sikap Lukashenko itu, tidak heran jika warga tetap percaya diri beraktivitas normal setiap hari. Bahkan setiap akhir pekan, warga masih memadati stadion-stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola.

Pada 19 Maret, saat UEFA memperdebatkan nasib musim kompetisi, asosiasi sepak bola Belarusia tak ikut pusing dengan tetap menjalankan agenda pertandingan seperti normal. Otoritas sepak bola menegaskan tidak berniat menunda atau membatalkan musim.

Sejauh ini Belarusia mengonfirmasi 94 kasus virus corona dan tak ada kasus kematian.

Editor : Anton Suhartono