Presiden Brasil Bolsonaro Jalani Tes Virus Korona Setelah Orang Dekatnya Terinfeksi

Anton Suhartono ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 08:16 WIB
Presiden Brasil Bolsonaro Jalani Tes Virus Korona Setelah Orang Dekatnya Terinfeksi

Jair Bolsonaro (Foto: AFP)

RIO DE JANEIRO, iNews.id - Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Kamis (12/3/2020), menjalani tes virus korona setelah seorang pejabat sekaligus orang dekat yang mendampinginya dalam kunjungan ke Amerika Serikat (AS) dinyatakan positif terinfeksi.

Dalam keterangan video yang diunggah di Facebook, pria 64 tahun itu mengatakan hasilnya akan keluar dalam waktu dekat.

"Saya menggunakan masker karena baru kembali dari perjalanan ke Amerika Serikat, salah satu dari orang-orang yang berpergian bersama melakukan tes (virus korona) di Sao Paulo dan hasilnya positif," kata Bolsonaro, seperti dilaporkan kembali AFP, Jumat (13/3/2020).

Pejabat yang dimaksud adalah kepala komunikasi kepresidenan, Fabio Wajngarten. Dia turut mendampingi Bolsonaro saat bertemu Presiden Donald Trump di resort Florida pada akhir pekan.

Bahkan di terlihat di foto Wajngarten berdiri berdampingan dengan Trump.

"Hari ini kami mengumpulkan semua sampel dan dalam beberapa jam akan mengetahui hasilnya," kata Bolsonaro.

Akibat kejadian ini, dia membatalkan agenda kerja ke Kota Mossoro pada Kamis.

Sebelumnya putra Bolosnaro, Eduardo, mengatakan di Twitter bahwa ayahnya menjalani tes virus korona namun tak menunjukkan gejala apa pun seperti demam dan sesak napas.

Padahal Bolsonaro sebelumnya meremehkan soal pandemi virus korona yang diumumkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu. Dia menganggap tingkat keparahan Covid-19 dilebih-lebihkan.

Editor : Anton Suhartono