Presiden China Xi Jinping Tegaskan Tak Gentar Hadapi AS

Anton Suhartono ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 07:45 WIB
Presiden China Xi Jinping Tegaskan Tak Gentar Hadapi AS

Xi Jinping tegaskan China akan menghadapi setiap penjajah serta semua pihak yang berusaha memecah belah negara (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Presiden China Xi Jinping menegaskan China akan mengalahkan penjajah serta memperingatkan terhadap segala upaya untuk memecah belah negaranya.

Dalam pidato memperingati 70 tahun keterlibatan China dalam Perang Korea, Jumat (23/10/2020), Xi memuji perang melawan agresi Amerika Serikat (AS) yang berlangsung pada 1950-1953 itu.

Itu merupakan pertama dan sejauh ini satu-satunya yang mempertemukan tentara China dan AS dalam pertempuran fisik.

"70 tahun lalu, penjajah imperialis menembaki pintu China baru. Rakyat China paham bahwa Anda harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti para penjajah, untuk berperang dan untuk menghentikan invasi dengan kekuatan, meraih perdamaian dan rasa hormat melalui kemenangan. Rakyat China tidak akan membuat masalah tapi kami juga tidak takut kepada mereka dan tidak peduli kesulitan atau tantangan yang harus dihadapi. Kaki kami tidak akan gemetar dan punggung kami tidak akan menekuk," ujarnya, dalam pidato yang berapi-api, seperti dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (24/10/2020).

Xi menambahkan, di masa saat ini negara yang egois dan hanya mementingkan diri sendiri tidak akan berhasil dalam mencapai tujuan. Bukan hanya itu, negara tersebut akan ditinggalkan.

“Di dunia saat ini, setiap unilateralisme, proteksionisme, dan ideologi kepentingan pribadi yang ekstrem tidak akan bisa berjalan sama sekali. Tindakan apa pun yang hanya berfokus pada diri sendiri dan upaya apa pun untuk terlibat dalam hegemoni dan penindasan tidak akan berhasil. Bukan hanya tidak berhasil, tapi juga akan menemui jalan buntu," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua