Presiden Erdogan Perintahkan Menlu Turki Usir 10 Dubes Sekaligus, termasuk dari AS

Anton Suhartono · Sabtu, 23 Oktober 2021 - 21:44:00 WIB
Presiden Erdogan Perintahkan Menlu Turki Usir 10 Dubes Sekaligus, termasuk dari AS
Recep Tayyip Erdogan perintahkan Menlu Turki usir 10 dubes asing (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Presiden Turki Tayyip Erdogan memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) untuk menyampaikan persona non grata (kehadiran yang tak dinginkan) terhadap 10 duta besar (dubes) negara-negara Barat. Alasannya kedubes dari negara tersebut dianggap mencampuri urusan dalam negeri Turki yakni soal desakan pembebasan pengusaha yang juga filantropis Osman Kavala.

"Saya mengeluarkan perintah kepada Menteri Luar Megeri dan mengatakan apa yang harus dilakukan: 10 duta besar sekaligus ini harus dinyatakan persona non grata. Anda harus segera menyelesaikannya," kata Erdogan, dalam pidato di hadapan banyak orang di Eskisehir, Turki, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/10/2021).

Dalam pernyataan bersama pada 18 Oktober, Duta Besar Kanada, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, Norwegia, Swedia, Finlandia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat, menyerukan penyelesaian yang adil dan cepat atas kasus Kavala. 

Setelah itu, para dubes dipanggil oleh Kemlu Turki untuk menyampaikan protes. Kemlu menyebut pernyataan bersama itu tidak bertanggung jawab.

Kavala dijebloskan ke penjara sejak akhir 2017 atas tuduhan membiayai demonstrasi nasional pada 2013 serta terlibat dalam kudeta menggulingkan Erdogan pada 2016. Dia membantah tuduhan itu. Dia dibebaskan dari tuduhan terkait unjuk rasa pada 2020, namun putusan itu dibatalkan tahun ini. Tuduhannya bahkan ditambah dengan kasus lain yakni terkait upaya kudeta. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: