Erdogan Sebut AS Tawarkan Jet Tempur F-16 ke Turki sebagai Pengganti F-35

Anton Suhartono · Senin, 18 Oktober 2021 - 05:36:00 WIB
Erdogan Sebut AS Tawarkan Jet Tempur F-16 ke Turki sebagai Pengganti F-35
Recep Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mengusulkan penjualan jet tempur F-16 ke Turki sebagai pengganti investasi program F-35 yang dibatalkan menyusul keputusan pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan membeli rudal pertahanan S-400 Rusia. Sebelum pembatalan kedua negara telanjur menyepakati investasi untuk membuat komponen F-35 di Turki.

Presiden Erdogan mengatakan AS yang mengusulkan penjualan jet tempur F-16 tersebut ke Turki sebagai pengganti. Sebelumnya juga dilaporkan Turki mengajukan permintaan ke AS untuk membeli 40 jet tempur buatan Lockheed Martin itu serta hampir 80 alat modernisasi untuk pesawat tempur yang ada.

Erdogan mengatakan Turki sebenarnya ingin uang yang telanjur diberikan ke AS untuk investasi program F-35 dikembalikan. Kedua pihak sedang membicarakan masalah ini.

“Kami telah membayar 1,4 miliar dolar AS untuk F-35 dan AS memiliki usulan seperti itu sebagai imbalan atas pembayaran ini,” kata Erdogan, dikutip dari Reuters.

“Mengenai hal ini, kami mengatakan mari kita mengambil langkah apa pun yang perlu untuk memenuhi kebutuhan pertahanan negara,” ujarnya, menambahkan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: