Presiden Filipina Duterte kepada China: Kami Tak Ingin Perang, tapi

Anton Suhartono · Kamis, 29 April 2021 - 13:59:00 WIB
Presiden Filipina Duterte kepada China: Kami Tak Ingin Perang, tapi
Rodrigo Duterte (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menegaskan tidak akan menarik kapal Angkatan Laut dan Penjaga Pantai yang berpatroli di perairan sengketa Laut China Selatan. Menurut dia kedaulatan atas perairan dengan China tidak bisa dinegosiasikan.

Ketegangan kedua negara meningkat lantaran China menolak menarik kapal-kapal penangkap ikan yang diduga berisi milisi dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina.

Dalam pidato pada Rabu (28/4/2021) malam, Duterte menegaskan meskipun negaranya berutang budi kepada China dalam banyak hal, termasuk mendapatkan vaksin Covid-19 gratis, wilayah kedaulatannya tidak bisa ditawar.

"Saya akan beri tahu China, kami tidak ingin ada masalah, kami tidak ingin perang. Tapi jika Anda menyuruh kami pergi, tidak akan," kata Duterte.

"Ada hal-hal yang sebenarnya tidak bisa dikompromikan, seperti mundur. Ini sulit. Saya berharap mereka paham, tapi saya punya kepentingan untuk melindungi negara," tuturnya, melanjutkan.

Duterte menyampaikan pidato itu setelah Kementerian Pertahanan menolak permintaan China agar Filipina menarik kapal perang dan penjaga pantai.

"China tidak punya hak memberi tahu apa yang bisa dan tidak kita lakukan di perairan sendiri," bunyi pernyataan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2