Politik Prancis Terancam Lumpuh! Presiden Macron Kehilangan Kursi Mayoritas Mutlak di Parlemen

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 20 Juni 2022 - 05:07:00 WIB
Politik Prancis Terancam Lumpuh! Presiden Macron Kehilangan Kursi Mayoritas Mutlak di Parlemen
Presiden Prancis, Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id – Presiden Prancis Emmanuel Macron dan para sekutunya kehilangan mayoritas mutlak di Majelis Nasional (DPR Prancis) dalam pemilu yang digelar pada Minggu (19/6/2022). Hasil tersebut bakal membuat presiden yang baru terpilih kesulitan untuk menjalankan agenda reformasinya.

Proyeksi awal hasil penghitungan suara menunjukkan, koalisi Ensemble! pendukung Macron berhasil meraih kursi terbanyak, lalu disusul koalisi sayap kiri Nupes pimpinan Jean-Luc Melenchon.

Kendati memimpin perolehan kursi DPR, Ensemble! masih jauh dari mayoritas absolut (289 kursi) yang diperlukan untuk mengendalikan parlemen. Para menteri dan pembantu dekat Macron pun telah mengakui hal itu. Karenanya, mereka kini harus merangkul partai politik lain di luar aliansi mereka agar bisa memerintah negara.

Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, menyebut hasil pemilu kali ini sebagai “kejutan demokrasi”. Dia mengatakan, kelompoknya akan melobi semua pihak yang pro-Eropa untuk masuk dalam lingkaran kelompok pendukung pemerintah.

“Partai presiden (koalisi Ensemble!) sudah kalah, jelas tidak ada mayoritas yang terlihat,” kata Melenchon kepada para pendukungnya yang bersorak, Minggu (19/6/2022).

Partai-partai sayap kiri Nupes berhasil melipatgandakan perolehan kursi mereka dibandingkan dengan pemilihan legislatif terakhir pada 2017. Namun sayang, capaian saat ini masih jauh dari yang diharapkan Melenchon.

Proyeksi sementara yang dirilis media Prancis, Le Monde, pada Senin (20/6/2022) per pukul 04.30 dini hari WIB menunjukkan, Ensemble! bakal menguasai 234 kursi di Majelis Nasional. Jumlah itu merosot drastis jika dibandingkan dengan perolehan sebelumnya yang mencapai 347 kursi.

Sementara Nupes diperkirakan meraih 141 kursi DPR Prancis. Hasil itu meningkat dibandingkan perolehan sebelumnya sebanyak 76 kursi. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda