Presiden Mahmoud Abbas Berharap Joe Biden Bantu Wujudkan Negara Palestina Merdeka

Anton Suhartono ยท Senin, 30 November 2020 - 07:42:00 WIB
Presiden Mahmoud Abbas Berharap Joe Biden Bantu Wujudkan Negara Palestina Merdeka
Mahmoud Abbas (Foto: AFP)

KAIRO, iNews.id - Pemerintah Otoritas Palestina dan Liga Arab berharap pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden Joe Biden akan memainkan peran positif dalam mewujudkan terbentuknya negara Palestina merdeka.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu pemimpin Liga Arab Ahmed Aboul Gheit di Kairo, Mesir, Minggu (29/11/2020), membahas konflik Israel-Palestina terkait dengan hasil pilpres AS.

Dalam pernyataan bersama, seperti dikutip dari AFP, Senin (30/11/2020), kedua pemimpin yakin terpilihnya Biden bisa membuka jalan bagi pemulihan peran AS yang lebih aktif dan positif guna mencari penyelesaian soal negara Palestina merdeka.

Abbas sebelumnya meminta Biden untuk menghidupkan kembali hubungan AS dengan Palestina yang runtuh selama pemerintahan Presiden Donald Trump.

Palestina memutuskan hubungan dengan AS setelah Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang tak bisa dibagi pada 2017. Sejak itu Palestina menolak pembicaraan damai yang dimediasi AS karena dianggap berpihak ke Israel.

Sebagai konsekuensinya, Trump menghentikan bantuan dana ke badan PBB yang mengurusi pengungsi Palestina, UNRWA.

Editor : Anton Suhartono