Presiden Palestina Abbas Bertemu Menhan Israel Benny Gantz, Ini yang Dibahas

Anton Suhartono · Senin, 30 Agustus 2021 - 05:46:00 WIB
Presiden Palestina Abbas Bertemu Menhan Israel Benny Gantz, Ini yang Dibahas
Mahmoud Abbas bertemu Menhan Israel Benny Gantz di Ramallah (Foto: Reuters)

TEPI BARAT, iNews.id - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di Kota Ramallah, Tepi Barat, Minggu (29/8/2021). Ini merupakan pertemuan pertama melibatkan pejabat tinggi kedua pihak yang diumumkan ke publik sejak pembentukan pemerintahan Israel yang baru pada Juni lalu.

Kantor Kementerian Pertahanan Israel mengungkap, Gantz mengatakan kepada Abbas negaranya akan melakukan berbagai langkah untuk memperkuat perekonomian Palestina.

"Mereka juga membahas soal pewujudan situasi keamanan dan ekonomi di Tepi Barat dan Gaza. Mereka sepakat akan terus berkomunikasi membahas isu-isu yang diangkat selama pertemuan," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Senin (30/8/2021).

Sementara itu anggota Komite Pusat Partau Fatah, Hussein Al Sheikh, mengatakan pembahasan dalam pertemuan itu mencakup semua aspek hubungan Palestina-Israel.

Pembicaraan damai kedua pihak sempat gagal pada 2014. Namun Israel selama setahun terakhir mencapai kesepakatan normalisasi dengan sejumlah negara Arab, melalui perantara Amerika Serikat.

Perdana Menteri Naftali Bennett menentang pembentukan negara Palestina, namun mengingat susunan koalisinya yang sangat beragam, termasuk melibatkan partai Arab, setiap kebijakan sensitif mengenai konflik Israel-Palestina akan sulit diambil menurut keinginannya.

Pertemuan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Bennett bertemu Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih. Biden menegaskan kembali dukungan solusi dua negara.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: