Presiden Prancis Macron Positif Covid-19, Para Pemimpin Eropa Jalani Tes Corona

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 Desember 2020 - 06:31:00 WIB
Presiden Prancis Macron Positif Covid-19, Para Pemimpin Eropa Jalani Tes Corona
Emmanuel Macron positif Covid-19 (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id - Beberapa pemimpin Eropa menjalani tes Covid-19 setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron dinyatakan positif virus corona. Macron diketahui menghadiri KTT Eropa serta pertemuan bilateral dengan pemimpin lain sebelum dinyatakan positif, memicu kekhawatiran penularan.

Dia bergabung bersama 25 pemimpin Uni Eropa dalam KTT yang digelar di Brussel, Belgia, itu untuk membahas perubahan iklim, anggaran Uni Eropa, serta hubungan dengan Turki.

Kanselir Jerman Angela Merkel yang sempat berbaur dengan Macron dalam pertemuan yang berlangsung pada 10-11 Desember itu menjalani tes dan hasilnya negatif. Keduanya mengenakan masker dalam pertemuan tersebut.

Meski demikian sempat terjadi kontak fisik di mana Macron memberikan salam tinju kepada beberapa pemimpin.

Selain itu Macron juga makan siang dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, dan kepala OECD Angel Gurria. Dia juga mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa pada Rabu.

Hasil tes Covid-19 Sanchez dinyatakan negatif namun dia  menghentikan semua aktivitas publik dan mengisolasi diri sampai 24 Desember. 

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin yang juga melakukan tes sebagai langkah antisipasi juga dinyatakan negatif.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2