Presiden Putin: Rusia Bisa Saja Pangkas Produksi Minyak akibat Pembatasan Harga oleh Barat

Umaya Khusniah · Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:18:00 WIB
Presiden Putin: Rusia Bisa Saja Pangkas Produksi Minyak akibat Pembatasan Harga oleh Barat
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya bisa saja memangkas produksi minyak mentah akibat pembatasan harga yang diterapkan Barat. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya bisa saja memangkas produksi minyak mentah akibat pembatasan harga yang diterapkan Barat

"Kami akan berpikir, mungkin, bahkan tentang kemungkinan, jika perlu ... pengurangan produksi," katanya kepada wartawan di ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek Jumat (9/12/2022). 

Pernyataan itu bisa dikatakan sebagai reaksi lain dari Kremlin atas pembatasan harga minyak mentah yang ditetapkan Barat dan Uni Eropa (UE). Sebelumnya, Rusia akan menolak untuk menjual minyak mentahnya ke negara mana pun yang memberlakukan batasan harga. 

Putin menjelaskan, Rusia memiliki perjanjian produksi dengan anggota lain dari klub produsen minyak OPEC+. Jadi langkah drastis (mengurangi produksi) seperti itu masih mungkin terjadi.

“Kami sedang memikirkan hal ini, belum ada solusi. Dan langkah konkret akan dituangkan dalam surat keputusan dari presiden Rusia yang akan dirilis dalam beberapa hari ke depan,” kata Putin.

Sebelumnya, G7, UE dan Australia pekan lalu menyetujui batas harga 60 dolar AS per barel untuk minyak mentah lintas laut Rusia.

"Mengenai reaksi kami, saya telah mengatakan tidak akan menjual ke negara-negara yang membuat keputusan seperti itu," kata Putin.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda