Presiden Putin Sebut AS Akan Gagal Pertahankan Hegemoni Global

Umaya Khusniah ยท Selasa, 20 September 2022 - 19:42:00 WIB
Presiden Putin Sebut AS Akan Gagal Pertahankan Hegemoni Global
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Ist)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam apa yang dia gambarkan sebagai upaya Amerika Serikat (AS) untuk mempertahankan dominasi globalnya. Putin yakin usaha AS akan gagal. 

Berbicara saat menerima mandat dari duta besar asing untuk Moskow, Selasa (20/9/22022), Putin mengatakan pembangunan objektif menuju dunia multipolar menghadapi perlawanan dari mereka yang mencoba mempertahankan hegemoni dalam urusan global dan mengendalikan segalanya di Amerika Latin, Eropa, Asia, dan Afrika.

"Hegemon telah berhasil melakukannya untuk waktu yang cukup lama, tetapi itu tidak dapat berlangsung selamanya ... terlepas dari perkembangan di Ukraina," katanya. 

Putin telah berulang kali memberikan keputusannya untuk mengirim pasukan ke Ukraina sebagai tanggapan atas dugaan perambahan Barat terhadap kepentingan keamanan vital Rusia.

Pemimpin Moskow menggambarkan sanksi Barat terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina sebagai bagian dari upaya AS dan sekutunya untuk memperkuat posisi mereka. Tetapi sanksi itu malah menjadi bumerang bagi mereka dan juga merugikan negara-negara miskin.

“Mengenai Rusia, kami tidak akan menyimpang dari jalur kedaulatan,” kata Putin.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda