Pria Ini Dihukum 5 Tahun Penjara karena Sebarkan Covid dan Sebabkan Orang Lain Meninggal

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 07 September 2021 - 10:56:00 WIB
Pria Ini Dihukum 5 Tahun Penjara karena Sebarkan Covid dan Sebabkan Orang Lain Meninggal
Ilustrasi putusan persidangan terhadap terdakwa. (Foto: Pixabay)

HANOI, iNews.idVietnam menjatuhkan hukuman 5 tahun penjara terhadap seorang pria pada Senin (6/9/2021) karena melanggar aturan karantina Covid yang ketat di negara itu. Dalam dakwaannya, lelaki bernama Le Van Tri (28) itu dituduh menyebarkan penyakit menular berbahaya kepada orang lain.

Persidangannya digelar dalam satu hari saja di Pengadilan Rakyat Provinsi Ca Mau, menurut laporan Kantor Berita Vietnam (VNA). 

“Terdakwa melakukan perjalanan kembali ke Ca Mau dari Kota Ho Chi Minh , dan melanggar peraturan karantina 21 hari,” kata kantor berita itu.

“Terdakwa menginfeksi delapan orang, salah satunya meninggal karena virus (Covid) setelah menjalani satu bulan perawatan,” lapor VNA.

Ca Mau adalah provinsi paling selatan Vietnam. Daerah itu sajauh ini melaporkan hanya 191 kasus dan dua kematian sejak pandemi dimulai pada 2020. Angka itu jauh lebih rendah dari hampir 260.000 kasus infeksi dan 10.685 kematian di pusat wabah virus corona Vietnam, yakni Kota Ho Chi Minh.

Vietnam pernah menjadi salah satu negara dengan penanganan wabah virus corona terbaik di dunia. Capaian itu bisa mereka peroleh berkat pengujian massal yang terukur dan tepat sasaran; pelacakan kontak pasien secara agresif, serta; karantina yang ketat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: