Pria Kulit Hitam George Floyd Terbunuh, Keluarga Dapat Kompensasi Rp383 Miliar

Anton Suhartono ยท Sabtu, 13 Maret 2021 - 10:40:00 WIB
Pria Kulit Hitam George Floyd Terbunuh, Keluarga Dapat Kompensasi Rp383 Miliar
Keluarga mendiang George Floyd mendapat kompensasi sekitar Rp383 miliar dari Pemerintah Kota Minneapolis (Foto: AFP)

MINNEAPOLIS, iNews.id - Pemerintah Kota Minneapolis, Amerika Serikat, setuju membayar kompensasi sebesar 27 juta dolar AS atau sekitar Rp383 miliar untuk keluarga mendiang George Floyd.

Pria kulit hitam itu tewas saat ditangkap oleh petugas kepolisian Minneapolis, memicu unjuk rasa besar dan kerusuhan, bukan hanya di AS tapi di banyak negara.

Dana itu dibayarkan terkait gugatan perdata keluarga Floyd terhadap pemerintah setempat serta petugas. Sementara itu sidang pidana terhadap para pelaku masih berlangsung.

Anggota dewan kota dilaporkan bertemu secara pribadi dengan keluarga Floyd untuk membahas penyelesaian kasus. Mereka lalu mendiskusikan besaran dana kompensasi ke internal dewan dan disetujui. 

Jumlah dana yang dibayarkan tersebut lebih besar daripada yang diberikan pemerintah kota kepada keluarga perempuan kulit putih, Justine Ruszczyk Damond, yang terbunuh oleh polisi 2 tahun lalu yakni 20 juta dolar AS.

Pengacara keluarga Floyd, Ben Crump, menyebut jumlah tersebut sebagai penyelesaian terbesar dalam kasus gugatan hak sipil. 

Dia berterima kasih kepada para pejabat pemerintah kota karena telah menunjukkan kepedulian terhadap keluarga Floyd. Namun Crump menegaskan gugatan ini hanya permulaan dari serangkaian pengungkapan kasus.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2