Pria Terberat di Dunia Berbobot 595 Kg Segera Jalani Operasi

Anton Suhartono ยท Sabtu, 25 November 2017 - 19:16:00 WIB
Pria Terberat di Dunia Berbobot 595 Kg Segera Jalani Operasi
Juan Pedro Franco (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Pria asal Aguascalientes, Meksiko, Juan Pedro Franco (33) digelari sebagai orang paling berat di dunia. Bobot rubuhnya mencapai 595 kilogram (kg). Dalam waktu dekat Franco akan menjalani operasi untuk mengurangi bobotnya hingga setengah.

Sebelumnya bobot Franco sudah menembus 750 kg. Dokter tidak bisa mengoperasi dengan kondisi itu. Untuk mendapat persetujuan operasi, perjuangan berat harus dilaluinya. Franco harus diet ketat selama 3 bulan sehingga bobotnya berhasil susut 175 kg.

Dengan kondisi itu Franco praktis tidak bisa berjalan lagi. Dia hanya menghabiskan waktu di ranjang sejak 7 tahun terakhir.

Dokter menyatakan, operasi nanti akan menjadi pertaruhan baginya. Sukses dalam operasi bukan jaminan. Tapi jika berhasil, dokter menyatakan Franco akan bisa berjalan kembali.

Menjelang operasi, dia menjalani pemeriksaan intensif, termasuk pengecekan darah, jantung, dan paru-paru.  
"Berat badannya sudah turun hampir 30 persen dari sebelumnya. Jadi dia siap untuk menjalani operasi bariatik," jelas Jose Antonio Castaneda, dokter yang menangani Franco.

Bakat gemuk sudah ada sejak kecil dengan penampilan chubby-nya. Kecelakaan yang terjadi saat remaja menambah berat kondisi Franco. "Saat kecil, berat saya sudah hampir 63 kg," kata Franco, dalam sebuah wawancara televisi pada tahun lalu.

Dia terbaring selama lebih dari setahun akibat lumpuh, disusul dengan pnemonia. Pada waktu itulah berat tubuhnya terus naik drastis.

"Saat 17 tahun berat saya 228 kg. Itu terjadi saat saya mengalami kecelakaan yang membuat setengah tubuh saya lumpuh," tambahnya.

Franco menjadi pembicaraan media internasional pada November tahun lalu setelah fotonya saat dipindah dari rumahnya ke klinik sejauh 160 kilometer di Guadalajara beredar luas.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda