Profil Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia yang Kenyang Cicipi Getirnya Hidup di Penjara

Alifia Gita Riani ยท Kamis, 24 November 2022 - 13:11:00 WIB
Profil Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia yang Kenyang Cicipi Getirnya Hidup di Penjara
Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. (Foto: Dok. 2018)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Anwar bin Ibrahim atau kerap disapa Anwar Ibrahim telah ditunjuk raja Malaysia menjadi perdana menteri yang baru. Dengan begitu, penunjukannya diharapkan dapat mengakhiri kebuntuan politik pascapemilu di negeri jiran.

Anwar tak hanya dikenal sebagai politikus Malaysia, melainkan juga seorang reformis dan Islamis moderat. Dia lahir pada 10 Agustus 1947 di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia. 

Anwar pernah menjadi wakil perdana menteri Malaysia pada 1993-1998. Selain itu, pada 1991-1998, dia juga menjabat posisi menteri keuangan. Sebelumnya, dia pernah menempati posisi menteri pendidikan (1986), menteri pertanian (1984), serta menteri kebudayaan, pemuda dan olahraga (1983). 

Anwar mengenal politik saat kuliah di Universitas Malaya Kuala Lumpur pada akhir 1960-an. Semasa kuliah, dia dikenal sebagai pemimpin mahasiswa Islam karena menjabat sebagai presiden Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Malaysia (PKPIM) dan presiden Kesatuan Bahasa Melayu. Tidak hanya itu, Anwar juga dikenal sebagai pemimpin gerakan pelajar yang memperjuangkan keadilan sosial bagi masyarakat Malaysia. Pada 1971, Anwar menyelesaikan masa kuliahnya dan meraih gelar sarjana muda di bidang Sastra.

Pada 1982, Anwar menerima undangan dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad untuk bergabung dengan UMNO dan pemerintahannya. Saat itu, dia terpilih sebagai anggota parlemen Permatang Pauh dan dilantik menjadi timbalan menteri di jabatan perdana menteri (wakil menteri di dalam kabinet). Karier Anwar maju pesat dengan beberapa kali menjabat menteri hingga wakil perdana menteri. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda