Proses Kelahiran Disiarkan Langsung, Bayi Gajah Ini Diberi Nama Zoom

Ahmad Islamy Jamil · Sabtu, 15 Agustus 2020 - 10:01:00 WIB
Proses Kelahiran Disiarkan Langsung, Bayi Gajah Ini Diberi Nama Zoom
Zoom, bayi gajah afrika yang lahir di taman safari di Kota Puebla, Meksiko. (Foto-foto: AFP)

MEXICO CITY, iNews.id – Seekor bayi gajah afrika yang proses kelahirannya disiarkan langsung di taman safari di Meksiko diberi nama Zoom. Nama itu terinspirasi dari aplikasi obrolan video yang menjadi begitu populer selama pandemi virus corona (Covid-19).

Anak gajah itu adalah anak keenam yang lahir di taman safari di Kota Puebla, Meksiko Tengah. Induknya berasal dari kawanan gajah yang diselamatkan dari ancaman para pemburu di Namibia, delapan tahun lalu.

“Kelahiran gajah biasanya sulit untuk disaksikan. (Siaran langsung) ini sangat berguna untuk sains, terutama dalam mengukur waktu kelahiran, volume cairan (ketuban), di antara faktor-faktor lainnya,” kata Direktur Taman Safari Afrika Puebla, Frank Carlos Camacho, kepada AFP, Sabtu (15/8/2020).

Taman rekreasi itu menyatakan, tujuan akhir mereka merawat semua gajah itu adalah untuk membawa mereka kembali ke habitatanya di Afrika. “Satwa-satwa itu bukan milik kami. Mereka milik dunia. Kami ingin mereka berada di Afrika, tetapi kondisinya saat ini sulit,” ujar Camacho.

“Orang yang bekerja di bidang pariwisata dibiarkan tanpa pekerjaan karena pandemi dan mereka mencari alternatif. Prospeknya buruk,” tuturnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil