Pulang Latihan di AS, Jet Tempur F-16 Taiwan Mendarat Darurat Tanpa Roda Depan

Anton Suhartono · Rabu, 08 Juni 2022 - 07:22:00 WIB
Pulang Latihan di AS, Jet Tempur F-16 Taiwan Mendarat Darurat Tanpa Roda Depan
Jet tempur F-16/A Taiwan mendarat tanpa roda depan di Hawaii usai mengikuti latihan di AS (Screengrab: Sputnik)

TAIPEI, iNews.id - Jet tempur F-16 Taiwan lagi-lagi mengalami kecelakaan. Kali ini pesawat yang dalam perjalanan pulang setelah mengikuti latihan di Arizona, Amerika Serikat, itu melakukan pendaratan keras di bandara Hawaii.

Pemerintah Taiwan belum memberikan komentar resmi, namun seorang sumber di Kementerian Pertahanan mengatakan kepada kantor berita CNA, jet tempur F-16A terpaksa mendarat darurat di bandara Honolulu, Hawaii, setelah mengalami kerusakan pada roda pendaratan.

Media lokal Hawaii merilis foto dan video pesawat melakukan pendaratan keras di Bandara Internasional Daniel K Inouye, Honolulu. Foto-foto menunjukkan jet tempur mendarat dalam posisi hidung dan bagian bawah menyentuh landasan.

Seorang sumber di militer mengatakan pesawat itu merupakan 1 dari 10 jet tempur F-16A/B yang dikirim ke Pangkalan Angkatan Udara Luke di Phoenix, Arizona, untuk menjalani latihan. Pesawat itu sebenarnya F-16 model awal yang dijual oleh AS ke Taiwan pada 1990-an namun sudah mengalami peremajaan.

AS membantu Taiwan untuk meng-upgrade 141 unit pesawat tempur F-16A/B sehingga memiliki kemampuan setara dengan F-16V Viper, model terbaru yang mengaplikasikan sistem avionik canggih, termasuk radar dan sistem yang mendukung perang elektronik.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda