Puluhan Mantan Pejabat Partai Republik dan Partai Demokrat Bikin Partai Baru di AS

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 10:04:00 WIB
Puluhan Mantan Pejabat Partai Republik dan Partai Demokrat Bikin Partai Baru di AS
Tampilan laman depan situs Partai Maju (Forward Party) yang baru dibentuk di AS. (Foto: Istimewa)

LOS ANGELES, iNews.id – Puluhan mantan pejabat Partai Republik dan Partai Demokrat mengumumkan pembentukan partai baru yang siap untuk menarik jutaan pemilih di AS. Langkah itu sebagai bentuk kekecewaan mereka atas sistem dua partai Amerika yang dinilai tak berfungsi secara optimal. 
 
Partai baru yang dinamai Forward Party (Partai Maju) itu bakal diketuai oleh mantan kandidat presiden dari Partai Demokrat, Andrew Yang, dan mantan gubernur dari Partai Republik di New Jersey, Christine Todd Whitman. Mereka berharap partai ketiga itu dapat menjadi alternatif yang layak bagi Partai Republik dan Partai Demokrat yang selama mendominasi politik AS.

Menurut laporan Reuters, para pemimpin Partai Maju akan mengadakan serangkaian acara di 24 kota di AS pada musim gugur (September-Desember) ini untuk meluncurkan platformnya dan menarik dukungan. Mereka akan menggelar peluncuran resmi partai politik itu di Houston, Texas, pada 24 September dan konvensi nasional pertama partai di salah satu kota besar AS pada musim panas mendatang.

Partai baru ini dibentuk oleh penggabungan tiga kelompok politik yang muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai reaksi terhadap sistem politik Amerika yang semakin terpolarisasi dan mandek. Para pemimpin Partai Maju lantas mengutip jajak pendapat oleh Gallup tahun lalu, yang menunjukkan bahwa dua pertiga orang Amerika percaya bahwa kehadiran partai ketiga (selain Republik dan Demokrat) diperlukan.

Pembentukan Partai Maju melibatkan Renew America Movement (Gerakan Pembaruan Amerika) atau disingkat RAM dan; Serve America Movement (Gerakan Melayani Amerika) alias SAM.

RAM dibentuk pada 2021. Gerakan itu dicetuskan oleh puluhan mantan pejabat di era pemerintahan para presiden dari Partai Republik mulai dari Ronald Reagan, George HW Bush, George W Bush, hingga Donald Trump. Sementara itu, SAM diinisiasi oleh sekelompok orang dari Partai Demokrat, Partai Republik, dan kalangan independen.

Sebelum mendirikan Partai Maju, Andrew Yang dikenal sebagai politikus Demokrat. Dia meninggalkan partai itu pada 2021 dan memutuskan untuk menjadi independen. Yang pun menggandeng mantan anggota Kongres dari Partai Republik, David Jolly, untuk menjadi direktur eksekutif Partai Maju.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda