Punya Hubungan Spesial dengan Simpanse, Wanita Ini Dilarang Kunjungi Kebun Binatang

Umaya Khusniah · Minggu, 22 Agustus 2021 - 19:23:00 WIB
Punya Hubungan Spesial dengan Simpanse, Wanita Ini Dilarang Kunjungi Kebun Binatang
Rekaman Adie dan Chita saat keduanya berciuman meski dibatasi kaca bening. (Foto: The Sun)

BRUSSEL, iNews.id - Seorang wanita dilarang mengunjungi sebuah kebun binatang di Belgia. Larangan dikeluarkan pengelola kebun binatang karena persahabatannya dengan salah satu hewan menimbulkan masalah. 

Adie Timmermans dilarang mengunjungi kebun binatang Antwerpen karena dia memiliki kedekatan khusus dengan seekor simpanse. Bahkan, Adie rutin mengunjungi primata bernama Chita setiap akhir pekan selama empat tahun terakhir. 

"Saya mencintai hewan itu dan dia mencintai saya," kata Adie.

Adie yang putus asa mengancam dia dan Chita akan marah jika keduanya tak diizinkan bertemu.

Sementara itu pimpinan kebun binatang mengatakan, hubungan antara Adie dan Chita mempengaruhi kehidupan primata itu. Primata 38 tahun itu dikatakan perlu bersosialisasi dengan primata yang lain.

Dilansir dari The Sun, Adie dan Chita terlihat berciuman dan saling melambaikan tangan satu sama lain meski dibatasi kaca bening. Pengelola kebun binatang mengirim surat kepada Adie dan memintanya tak mengunjungi Chita. 

Dalam surat tersebut, atasan kebun binatang menegaskan, kunjungan yang sering berdampak buruk baik simpanse di tingkat sosial. Padahal, simpanse harusnya bergaul dengan sesama jenisnya yang lain. 

"Hewan yang terlalu fokus pada manusia kurang dihormati oleh rekan-rekannya. Kami ingin Chita menjadi simpanse yang sebenar-benarnya," kata kebun binatang itu. 
   
Menurut laporan, Chita tumbuh sebagai hewan peliharaan. Dia disumbangkan ke kebun binatang ketika sudah terlalu besar dan tidak dapat diatur.

Tetapi pengelola kebun binatang mengatakan, Chita tidak mudah beradaptasi dengan simpanse lain. Bahkan sempat beberapa kali terlibat perkelahian.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: