Putin Beri Pembocor Rahasia Intelijen AS Edward Snowden Kewarganegaraan Rusia

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 27 September 2022 - 06:51:00 WIB
Putin Beri Pembocor Rahasia Intelijen AS Edward Snowden Kewarganegaraan Rusia
Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idEdward Snowden akhirnya resmi menjadi warga negara Rusia. Status itu dia peroleh setelah Presiden Valdimir Putin memberikan paspor negeri beruang merah kepada pembocor rahasia intelijen AS itu.

Snowden pun mengaku bersyukur. Sebab, dengan mendapatkan kewarganegaraan Rusia, hidupnya kini jauh lebih tenang, termasuk juga bagi istri dan dua putranya. 

“Setelah bertahun-tahun berpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak memiliki keinginan untuk berpisah dari putra kami. Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun pengasingan, sedikit kestabilan akan membuat perbedaan bagi keluarga saya,” ungkap Snowden dalam sebuah pernyataan di media sosial, Senin (26/9/2022).

“Saya berdoa untuk (perlindungan) privasi, bagi mereka, dan bagi kita semua,” kata mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) itu lagi.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin kemarin resmi memberikan Snowden kewarganegaraan Rusia atas permintaan pria AS itu.

Pada 2013, Snowden membocorkan ratusan ribu dokumen rahasia yang mengungkapkan tentang program pengawasan warga sipil di AS. Dia juga membeberkan ukuran dan cakupan mata-mata AS terhadap negara-negara asing. 

Menurut Snoden, Pemerintah AS terlibat dalam penyadapan rutin terhadap warganya sendiri serta para pemimpin dunia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda