Putin Kirim 300.000 Pasukan Cadangan ke Ukraina, Zelensky Bilang Begini

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 September 2022 - 21:30:00 WIB
Putin Kirim 300.000 Pasukan Cadangan ke Ukraina, Zelensky Bilang Begini
Volodymyr Zelensky (Foto: Reuters)

BERLIN, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan kecil kemungkinan dirinya melakukan pembicaraan dengan Vladimir Putin untuk mengakhiri perang. Dia kembali menegaskan syarat yang pernah disampaikan, seluruh pasukan Rusia harus ditarik dari Ukraina jika pembicaraan digelar.

Dengan keluarnya perintah atau dekret mobilisasi militer yang dilakukan Putin, Rabu (21/9/2022), peluang pembicaraan semakin jauh terwujud.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Jerman, Bild, Zelensky mengatakan Ukraina tidak punya pengaruh dalam menentukan akhir dari pemerintahan Putin. Meski demikian dia menegaskan ingin berbicar dengan pemerintah Rusia dengan posisi tawar yang kuat.

Dia juga mengulangi seruan agar Jerman memasok senjata dan sistem pertahanan udara ke Ukraina. Persenjataan itu penting untuk menyelamatkan nyawa warganya.

Putin meneken dekret mobilisasi militer untuk mengirim 300.000 pasukan cadangan ke Donbass, meliputi Donetsk dan Luhansk. Tujuannya untuk membebaskan wilayah itu serta menolong warganya dari penindasan kelompok neo-Nazi Ukraina.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda