Putin Kirim Pesan Cinta dari Rusia untuk Italia di Tengah Wabah Corona

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 23 Maret 2020 - 05:32 WIB
Putin Kirim Pesan Cinta dari Rusia untuk Italia di Tengah Wabah Corona

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id – Militer Rusia mulai menerbangkan bantuan medis ke Italia untuk membantu negara itu memerangi virus corona (Covid-19). Pengiriman bantuan itu atas perintah langsung dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Uniknya, setiap kendaraan pengirim paket bantuan itu diberi label “From Russia with Love” (Teriring Cinta dari Rusia). Pesawat militer raksasa Il-76 mulai lepas landas dari pangkalan udara di wilayah Moskow, Minggu (22/3/2020), setelah Putin berkomunikasi dengan Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, Sabtu (21/3/2020) kemarin. Kesepakatan pun dicapai antara masing-masing menteri pertahanan kedua negara.

Menurut Kremlin, Putin telah menyatakan dukungannya kepada para pemimpin dan rakyat Italia untuk menghadapi situasi sangat sulit ini. Rusia juga memastikan telah memperhatikan permintaan bantuan dari Italia.

Italia mencatatkan hampir 800 angka kematian akibat virus corona pada Sabtu kemarin, menjadikannya sebagai negara yang paling terdampak di dunia dengan total korban meninggal dunia hampir 5.000. Sementara, lebih dari 53.000 orang di Italia dilaporkan terinfeksi virus asal Wuhan, China itu.

"Giuseppe Conte menyatakan rasa terima kasihnya yang tulus atas langkah yang diambil Rusia untuk mendukung Italia pada saat yang sulit untuk negara itu," klaim Kremlin.

Moskow telah berusaha membangun hubungan dekat dengan NATO dan anggota Uni Eropa, Italia, dalam beberapa tahun terakhir. Moskow juga pernah meminta bantuan Roma untuk membujuk Uni Eropa mencabut sanksi yang dikenakan atas aneksasi Rusia atas Krimea dari Ukraina pada 2014—meski sampai hari ini sanksi itu masih berlaku.

China, tempat asal mula wabah itu, juga telah mengirim pasokan medis ke Italia, di tengah keluhan dari pemimpin sayap kanan Eropa yang sensitif, Matteo Salvini, bahwa Uni Eropa telah gagal dalam tugas solidaritasnya.

Teriring cinta dari Rusia

Rekaman televisi yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan, setidaknya tujuh kendaraan militer, termasuk truk besar, menunggu untuk dimuat ke pesawat.

Pesawat-pesawat dan truk-truk itu memuat stiker-stiker raksasa yang memperlihatkan bendera Rusia dan Italia berbentuk hati bersebelahan satu sama lain dengan slogan “Teriring Cinta dari Rusia” baik dalam bahasa Rusia maupun Italia.

Setidaknya, tiga pesawat lepas landas pada petang tadi waktu Moskow. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, armada mereka terbang menuju pangkalan udara militer Pratica di Mare, sekitar 30 kilometer barat daya Roma.

Kremlin menyatakan, Rusia mengirim unit berbasis truk yang mampu mendisinfeksi kendaraan, gedung, dan ruang publik, serta spesialis medis dan peralatan, termasuk alat uji, ke wilayah Italia yang paling parah terdampak.

Tim itu termasuk beberapa spesialis militer medis terkemuka Rusia, yang punya pengalaman langsung memerangi wabah flu babi dan antraks Afrika dan mengembangkan vaksin melawan Ebola. Kementerian Pertahanan Rusia juga menyatakan, bantuan yang dikirim menggunakan sembilan pesawat angkut militer, akan terdiri dari delapan brigade medis ditambah sekitar 100 personel lainnya, termasuk para ahli epidemiologi dan virus.

Rusia sendiri telah melaporkan 367 kasus, banyak di antaranya di Moskow, dan satu kematian terkait virus corona.

Editor : Ahmad Islamy Jamil