Raja Malaysia Jalani Karantina Setelah 7 Stafnya Terinfeksi Virus Corona

Anton Suhartono ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 13:16 WIB
Raja Malaysia Jalani Karantina Setelah 7 Stafnya Terinfeksi Virus Corona

Raja Malaysia Sultan Abdullah (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Tujuh staf istana kerajaan Malaysia, Istana Negara, dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Mereka kini menjalani perawatan dan dikarantina di Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al Mustafa Billah Shah dan Permaisuri Azizah Aminah Maimunah Iskandariah juga telah menjalani tes Covid-19, namun hasil keduanya negatif.

"Meski demikian, Yang Mulia sekarang menjalani karantina mandiri selama 14 hari, mulai kemarin," kata Ahmad Fadil, dikutip dari The Star, Kamis (26/3/2020).

Pemerintah Malaysia sebelumnya memperpanjang masa lockdown atau perintah pemantauan pergerakan (MCO) selama 2 pekan sampai 14 April 2020.

Perdana Menteri Muhyaiddin Yassin pada Rabu mengatakan, tren peningkataan kasus virus corona diperkirakan akan terus berlanjut, karena itu pemerintah berpendapat bahwa MCO harus dilanjutkan.

Dia menambahkan, informasi perpanjangan lockdown ini sengaja diberikan sejak awal agar warga bisa mempersiapkan diri. Saat ini di Malaysia masih berlaku lockdown sebelumnya.

"Masyarakat harus siap secara fisik dan mental untuk tinggal di rumah dalam jangka waktu cukup lama," ujarnya.

Hingga Kamis pagi, Malaysia mengonfirmasi 1.796 kasus Covid-19, sebanyak 21 di antaranya meninggal dan 199 lainnya sembuh.


Editor : Anton Suhartono