Raja Salman Bangun Masjid Megah di Kampus Islam Pakistan, Nilai Proyek Rp452 Miliar

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:35:00 WIB
Raja Salman Bangun Masjid Megah di Kampus Islam Pakistan, Nilai Proyek Rp452 Miliar
Desain Masjid Agung Raja Salman yang akan dibangun di kampus IIU di Islamabad, Pakistan. (Foto: Saudi Gazette)

RIYADH, iNews.id – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, menyetujui proyek pembangunan sebuah masjid agung yang dinamai dengan namanya di kampus baru Universitas Islam Internasional (IIU) di ibu kota Pakistan, Islamabad. Proyek pembangunan rumah ibadah itu bernilai 32 juta dolar AS (Rp452,2 miliar).

Saudi Gazette melansir, Sabtu (8/5/2021), lokasi masjid terletak di Sektor H10 Islamabad, meliputi area seluas 41.200 meter persegi. Bangunan yang didirikan nanti tidak hanya ruangan untuk ibadah, namun juga mencakup perpustakaan, museum—yang semuanya dinamai dengan “Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman”. 

Masjid itu juga memiliki ruang konferensi yang dinamai Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS), di samping sejumlah fasilitas administrasi dan layanan tambahan lainnya.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. (Foto/SPA)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. (Foto/SPA)

Luas masjid adalah 6.800 meter persegi dan dapat menampung sekitar 6.000 jamaah. Sementara, balkon tertutup masjid menempati area seluas 600 meter persegi dan halaman seluas 4.500 meter persegi yang dapat menampung 6000 jamaah. Adapun tempat wudu untuk laki-laki dan perempuan dibangun di atas area seluas 1.000 meter persegi.

Perpustakaan Raja Salman di kompleks masjid itu meliputi area seluas 2.800 meter persegi. Sementara, museum sejarah Islam mencakup area seluas 2.200 meter persegi. Adapun ruang konferensi Putra Mahkota MBS berukuran 2.800 meter persegi dan dapat menampung 500 orang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda