Raja Salman Pecat Jenderal Direktur Keamanan Publik Arab Saudi, Ada Apa?

Anton Suhartono ยท Rabu, 08 September 2021 - 11:28:00 WIB
Raja Salman Pecat Jenderal Direktur Keamanan Publik Arab Saudi, Ada Apa?
Raja Salman memecat Direktur Keamanan Publik Arab Saudi terkait tuduhan korupsi (Foto: Reuters)

RIYADH, iNews.id - Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengeluarkan perintah pemecatan terhadap Direktur Keamanan Publik Arab Saudi Khaled Al Harbi. Tindakan tegas diambil Penjaga Dua Masjid Suci itu terkait tuduhan korupsi yang dilakukan sang jenderal.

Selain itu Raja Salman juga memerintahkan 18 orang lainnya yang juga dituduh melakukan korupsi untuk diserahkan ke Otoritas Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi (Nazaha). Otoritas diminta mengambil tindakan hukum yang diperlukan.

Isi dekrit kerajaan, sebagaimana dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Rabu (8/9/2021), juga menyebutkan, pemecatan ini didasarkan atas laporan yang disampaikan otoritas terkait mengenai keterlibatan Al Harbi dalam beberapa kasus dengan tujuan menilep uang negara untuk keuntungan pribadi.

Sejumkah tuduhan yang dialamatkan kepada Al Harbi adalah pemalsuan, penyuapan, dan penyalahgunaan kekuasaan, bersama 18 orang yang bekerja di kantor pemerintah dan swasta.

Di antara yang juga ditangkap adalah seorang perwira berpangkat mayor jenderal bertugas di Kementerian Garda Nasional serta tiga pensiunan perwira dengan pangkat yang sama.

Nazaha meluncurkan tindakan hukum terhadap banyak individu yang dituduh melakukan berbagai kejahatan keuangan dan administrasi sebagai bagian dari sikap tanpa toleransi terhadap aktivitas ilegal di kantor layanan publik.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: