Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kandung Empedu

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 21:11:00 WIB
Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kandung Empedu
Raja Salman bin Abdulaziz. (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id – Penguasa Arab Saudi, Raja Raja Salman bin Abdulaziz, pada Kamis (23/7/2020) ini sukses menjalani operasi untuk mengangkat kandung empedunya. Kabar baik itu disampaikan pihak istana, setelah tiga hari sang raja menjalani perawatan di rumah sakit.

Arab Saudi bisa dikatakan jarang melaporkan kesehatan Raja Salman yang sudah berumur 84 tahun itu. Sejak mulai memerintah negeri itu pada 2015, baru kali ini sang raja dilaporkan masuk rumah sakit oleh berbagai media, termasuk media Arab.

“(Raja Salman) menjalani operasi laparoskopi untuk menghilangkan kandung empedu hari ini di rumah sakit spesialis Raja Faisal di Riyadh,” ungkap Kerajaan Arab Saudi dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor berita resmi setempat, dikutip kembali AFP, Kamis (23/7/2020).

Menurut pernyataan itu, Raja Salman akan tetap berada di rumah sakit untuk beberapa waktu lagi, menjalani perawatan lanjutan pascaoperasi.

Raja Salman mulai dirawat di rumah sakit pada Senin (20/7/2020) lalu untuk menjalani beberapa tes medis karena radang kandung empedu, menurut pihak istana. Kondisi itu membuat Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhemi menunda jadwal kunjungannya ke Arab Saudi, yang sedianya dijadwalkan mulai Senin lalu.

Sebuah video yang dirilis oleh media pemerintah pada Selasa (21/7/2020) menunjukkan sang raja memimpin rapat kabinet secara virtual dari rumah sakit. Video tanpa suara itu tampaknya ditujukan untuk menepis berbagai rumor miring tentang kesehatan raja.

Editor : Ahmad Islamy Jamil