Raja Salman Undang Emir Qatar ke KTT Negara Teluk di Arab Saudi

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 10:10 WIB
Raja Salman Undang Emir Qatar ke KTT Negara Teluk di Arab Saudi

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud. (FOTO: AFP Photo/FAYEZ NURELDINE / MANILA BULLETIN FILE PHOTO)

DOHA, iNews.id - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, mengundang Emir Qatar ke pertemuan blok kawasan Teluk di Riyadh pekan depan. Hal itu diumumkan pemerintah Qatar tanpa menyebut apakah undangan itu diterima.

Undangan ke KTT 10 negara anggota Kerjasama Teluk (GCC) digelar pada 10 Desember mendatang. Qatar bermusuhan dengan Arab Saudi, yang memimpin boikot ekonomi di Qatar sejak 2017.

Arab Saudi dan sekutunya Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab, menutup wilayah udara dan melarang Qatar Airways melewati wilayah udara mereka. Hal itu didasari tuduhan bahwa Qatar mendukung kelompok Islam radikal dan menjalin hubungan lebih dekat dengan Iran.

Qatar dengan keras membantah tuduhan itu.

Ketiga negara Teluk yang bersekutu itu saat ini berpartisipasi dalam turnamen sepak bola regional yang digelar Qatar. Pengumunan partisipasi itu muncul pada menit-menit terakhir.

Arab Saudi, yang juga menutup perbatasannya dengan Qatar, akan menjadi tuan rumah di semifinal pada Kamis (5/12/2019).

"Amir, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, menerima pesan tertulis dari Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk menghadiri pertemuan puncak (GCC)," lapor kantor berita Qatar, seperti dikutip AFP.

Emir Qatar diwakili oleh pejabat senior mereka di KTT GCC sejak blokade diberlakukan.

Editor : Nathania Riris Michico