Ratusan Musisi Top Internasional Serukan Boikot Israel, Ada Julian Casablancas dan Serj Tankian

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 29 Mei 2021 - 16:22:00 WIB
Ratusan Musisi Top Internasional Serukan Boikot Israel, Ada Julian Casablancas dan Serj Tankian
Para musisi internasional yang menyerukan boikot Israel: Julian Casablancas (kiri atas), Serj Tankian (kiri bawah), dan Patti Smith (kanan). (Foto-foto: Reuters/Gagrule.net)

NEW YORK, iNews.id – Ratusan musisi top internasional menandatangani surat terbuka yang menyerukan untuk memboikot pertunjukan di Israel sampai rezim zionis mengakhiri pendudukannya atas wilayah Palestina. Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas mereka kepada rakyat Palestina—yang tanah airnya berada di bawah kendali militer Israel sejak 1967.

Beberapa musisi yang telah menandatangani surat terbuka itu antara lain para anggota band rock Amerika, Rage Against the Machine; vokalis sekaligus penulis lagu utama band rock The Strokes, Julian Casablancas, dan; para anggota grup hip-hop Cypress Hill. Berikutnya, ada legenda punk rock Amerika, Patti Smith, dan; vokalis System of a Down, Serj Tankian yang juga menjanjikan dukungan mereka terhadap seruan boikot tersebut.

Kampanye boikot Israel itu diselenggarakan di bawah bendera “Musicians for Palestine” (Musisi untuk Palestina) yang sejauh ini telah memperoleh 600 tanda tangan.

“Sebagai musisi, kami tidak bisa diam. Hari ini penting bagi kami untuk berdiri bersama Palestina. Kami menyerukan kepada rekan-rekan kami untuk secara terbuka menegaskan solidaritas mereka dengan rakyat Palestina,” demikian bunyi surat terbuka itu, seperti dikutip Press TV, Sabtu (29/5/2021). 

“Keterlibatan dengan kejahatan perang Israel ditemukan dalam keheningan. Dan hari ini, diam begitu saja bukanlah sebuah pilihan. Hari ini, kami bersuara bersama dan menuntut keadilan, martabat, dan hak untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat Palestina dan semua yang memerangi perampasan kolonial dan kekerasan di seluruh planet,” lanjut surat itu lagi.

Isi surat terbuka itu juga mendesak para seniman lainnya agar menolak untuk tampil di lembaga-lembaga budaya yang terkait dengan Israel. Para musisi juga menyatakan berdiri teguh dalam mendukung rakyat Palestina, serta hak asasi mereka atas kedaulatan dan kebebasan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2