Redakan Ketegangan, Mantan Presiden Afsel Zuma Diizinkan Keluar Penjara Sehari

Anton Suhartono ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 13:39:00 WIB
 Redakan Ketegangan, Mantan Presiden Afsel Zuma Diizinkan Keluar Penjara Sehari
Jacob Zuma (Foto: Reuters)

CAPE TOWN, iNews.id - Mantan presiden Afrika Selatan Jacob Zuma diizinkan keluar dari penjara untuk menghadiri pemakaman adiknya. Dia diberikan cuti duka sehari pada Kamis (22/7/2021).

Zuma mendekam di penjara Estcourt sejak menyerahkan diri ke pihak berwenang pada 7 Juli untuk menjalani hukuman 15 bulan penjara. Penjara yang berada di Nkandla, Provinsi Kwa-Zulu Natal, itu tak jauh dari lokasi pemakaman adiknya.

"Sebagai narapidana jangka pendek, berisiko ringan, permohonan cuti duka Zuma telah diproses dan disetujui," bunyi pernyataan Departemen Lembaga Pemasyarakatan, seraya menambahkan, Zuma tidak harus menggunakan seragam tahanan selama di luar penjara.

Pria 79 tahun itu dijatuhi hukuman penjara pada akhir Juni karena menentang perintah pengadilan konstitusi untuk memberikan bukti penyelidikan kasus korupsi tingkat tinggi selama 9 tahun menjabat presiden hingga 2018.

Setelah vonis dijatuhkan, massa pro-Zuma turun ke jalan memicu kerusuhan, penjarahan, dan pembakaran. Presiden Cyril Ramaphosa menggambarkan aksi para pendukung Zuma itu sebagai pemberontakan.

Kerusuhan melanda Provinsi Kwa-Zulu Natal dan Gauteng menewaskan 276 orang dan menghancurkan ratusan tempat usaha.

Editor : Anton Suhartono