Rekaman CCTV Ungkap Dahsyatnya Kecelakaan Kereta di Kairo

Anton Suhartono ยท Kamis, 28 Februari 2019 - 10:59:00 WIB
Rekaman CCTV Ungkap Dahsyatnya Kecelakaan Kereta di Kairo
Detik-detik kecelakaan kereta di Stasiun Ramses, Kairo (Screengrab: Aljazeera)

KAIRO, iNews.id - Detik-detik kecelakaan kereta api di Stasiun Ramses, Kairo, Mesir, Rabu (27/2/2019), terekam CCTV. Kecelakaan di stasiun utama Kairo itu menewaskan setidaknya 20 orang dan melukai 40 lainnya. Kebanyakan korban merupakan orang yang berada di peron.

Dalam rekaman terlihat, lokomotif anjlok terlebih dulu lalu menabrak pembatas baja di peron dan ujung rel. Tabrakan antara lokomotif dan pembatas baja itu memicu percikan api dan ledakan.

(Cuplikan kecelakaan kereta di Stasiun Ramses, Kairo, Mesir/Screengrab: Aljazeera)

Api terlihat menyembur ke arah peron mengenai pengunjung yang sedang menunggu dan berjalan-jalan.

Beberapa orang terlihat terbakar dan berusaha memadamkan api sendiri, sebelum dibantu oleh pengunjung stasiun lainnya.

Sementara itu ada beberapa pengunjung yang berlarian meninggalkan stasiun. Namun ada yang justru naik ke peron untuk membantu para korban.

(Cuplikan kecelakaan kereta di Stasiun Ramses, Kairo, Mesir/Screengrab: Aljazeera)

Di bagian lain, video amatir yang dirilis Aljazeera memperlihatkan beberapa bagian stasiun hangus terbakar. Beberapa puing dalam kondisi masih terbakar berserakan, namun tidak diketahui apakah itu bagian dari kereta atau bangunan stasiun. Terlihat pula beberapa jenazah di lokasi.

Belum diketahui apa penyebab kecelakaan nahas itu. Menteri Perhubungan Mesir Hisham Arafat mengajukan pengunduran diri beberapa jam setelah kecelakaan. Pengunduran dirinya langsung diterima Perdana Menteri Mostafa Madbouli.

Rakyat Mesir sejak lama mengkritik pemerintah karena dianggap gagal menangani masalah transportasi, khususnya kereta api. Kecelakaan 'ular besi' di negara itu terbilang tinggi. Data resmi mengungkap, pada 2017 saja terjadi 1.793 kecelakaan kereta api di Mesir.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: