Rekaman Jelang George Floyd Tewas Dirilis, Isinya Memilukan

Anton Suhartono ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 11:23:00 WIB
Rekaman Jelang George Floyd Tewas Dirilis, Isinya Memilukan
George Floyd menyebut ibu dan anaknya sebelum tewas akibat dicekik polii (Foto: AFP)

MINNEAPOLIS, iNews.id - Transkrip rekaman menjelang tewasnya pria kulit hitam George Floyd saat ditangkap polisi Minneapolis, Amerika Serikat, pada 25 Mei lalu beredar.

Empat polisi Minneapolis membekuknya, termasuk Derek Chauvin yang mencekik Floyd menggunakan lutut.

Dalam rekaman itu terungkap, Floyd sempat mengatakan lebih dari 20 kali bahwa dia tidak bisa bernapas. Hal yang tak kalah memilukan dia sempat menyebut anak dan mendiang ibunya seraya mengatakan polisi akan membunuhnya.

Transkrip rekaman diperdengarkan ditunjukkan dalam sidang di Negara Bagian Minnesota pada Selasa (7/7/2020). Rekaman itu berasal dari kamera tubuh salah satu pelaku, Thomas Lane.

Mulanya Floyd memohon agar dia tidak dimasukkan ke dalam mobil polisi terkait tuduhan kasus uang palsu. Saat dipaksa masuk ke dalam mobil, Floyd berteriak tidak bisa bernapas dan dia  akan meninggal.

“Ibu, saya mencintaimu. Beri tahu anak-anak, saya mencintai mereka. Saya akan mati," kata Floyd, dalam rekaman.

Sementara itu para petugas terdengar mengatakan kepada Floyd agar dia tenang dan akan baik-baik saja.

Karena Floyd tak juga diam, Chauvin pun berkata, “Jika tidak berhenti bicara, berhenti berteriak, kamu akan butuh banyak oksigen.”

Menurut transkrip rekaman, kata-kata terakhir yang disampaikan Floyd adalah, "Mereka akan membunuh saya. Mereka akan membunuh saya. Aku tidak bisa bernapas."

Editor : Anton Suhartono