Rekor, Burung Merpati Juara Balap Ini Terjual Rp20 Miliar

Anton Suhartono ยท Selasa, 19 Maret 2019 - 06:07 WIB
Rekor, Burung Merpati Juara Balap Ini Terjual Rp20 Miliar

Armando (Foto: Vtr.be)

BRUSSEL, iNews.id - Burung merpati bernama Armando terjual seharga lebih dari 1,25 juta euro atau sekitar Rp20 miliar dalam lelang online yang digelar di Ingelmunster, Belgia, Minggu (17/3/2019).

Angka tersebut memecahkan rekor sebelumnya yakni merpati bernama Nadine yang terjual 376.000 euro atau sekitar Rp6 miliar.

"Awal pekan ini menjadi jelas bahwa Armando menjadi merpati termahal yang pernah dijual dalam lelang online," bunyi laporan situs web Pigeon Paradise, pipa.be, seperti dikutip dari AFP, Senin (18/3/2019).

Disebutkan, tidak ada yang menyangka bahwa angka terakhir penutupan lelang berada di angka 1.252.000 euro. Pasalnya, nilai maksimal dipatok tak berbeda jauh dengan angka penjualan Nadine.

Pigeon Paradise tidak menyebut identitas pemenang lelang. Namun kantor berita Belgia, Belga, melaporkan burung itu jatuh ke tangan seorang pengusaha China.

Armando merupakan satu dari sekitar 100 burung yang dijual melalui lelang online oleh pencinta burung sekaligus peternak Belgia, Joel Verschoot.

Lelang online merpatinya telah dibuka selama beberapa pekan. Hingga Minggu (17/3/2019), Verschoot telah menjual 178 ekor merpati dengan total nilai sekitar 2 juta euro.

Armando merupakan merpati tercepat dalam lomba, yakni dilepas dalam jarak hingga ratusan kilometer. Balapan merpati sudah menjadi tradisi tahunan yang digelar di Belgia, Inggris, Prancis, dan Belanda, meski sekarang mulai memudar.

Editor : Anton Suhartono