Roket Rusia Sukses Orbitkan Satelit Khayyam Milik Iran

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:09:00 WIB
Roket Rusia Sukses Orbitkan Satelit Khayyam Milik Iran
Roket Soyuz Rusia sukses meluncurkan satelit Iran ke luar angkasa, Selasa (9/8/2022). (Foto: Tasnim)

MOSKOW, iNews.id – Sebuah roket Rusia berhasil meluncurkan satelit Iran ke luar angkasa dan menempatkannya ke orbit Bumi, Selasa (9/8/2022). Peluncuran satelit itu berlangsung di saat Moskow dan Teheran berusaha untuk membangun hubungan yang lebih dekat dalam menghadapi sanksi Barat.

Satelit penginderaan jauh—yang diberi nama Khayyam—itu diluncurkan oleh roket Soyuz Rusia dari Baikonur Cosmodrome, tempat peluncuran ruang angkasa Rusia yang terletak di Kazakhstan Selatan. Menurut sebuah video disiarkan oleh badan antariksa Rusia, Roscosmos, di YouTube, peluncuran dilakukan pada pukul 08.52 waktu Moskow (12.52 WIB), hari ini. 

Iran menolak tuduhan Barat yang menyebut satelit itu dapat digunakan oleh Moskow untuk meningkatkan kemampuan intelijennya di Ukraina. Teheran bahkan menjamin, pihaknya bakal memiliki kendali penuh atas operasi perangkat luar angkasa itu “sejak hari pertama”.

Pekan lalu, The Washington Post melaporkan, para pejabat AS prihatin dengan kerja sama antariksa antara Rusia dan Iran. Barat khawatir, satelit itu tidak hanya akan membantu agresi Rusia terhadap Ukraina, melainkan juga memberikan Iran kemampuan baru untuk memantau target militer potensial di Israel dan Timur Tengah.

Namun, Iran mengatakan satelit itu dirancang untuk penelitian ilmiah termasuk radiasi dan pemantauan lingkungan untuk tujuan pertanian.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda