Rudal Sarmat Mampu Terbang di Kutub Utara dan Selatan, Rusia: Dia Tak Dapat Dicegat!

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 22 Mei 2022 - 10:45:00 WIB
Rudal Sarmat Mampu Terbang di Kutub Utara dan Selatan, Rusia: Dia Tak Dapat Dicegat!
Penampakan sistem rudal Sarmat milik Rusia. (Foto: Kementerian Pertahanan Rusia)

MOSKOW, iNews.idRudal balistik antarbenua berbasis darat (ICBM) terbaru Rusia, Sarmat, diklaim dapat terbang di atas Kutub Utara dan Selatan. Rudal itu juga mampu memelesat di sepanjang lintasan lainnya. 

“Karena rasio power-to-weight dari sistem rudal baru ini, lintasannya memiliki kemampuan untuk berubah. Dari lintasan terkenal kami melalui Kutub Utara, jika perlu, dimungkinkan untuk meletakkan lintasan melalui Kutub Selatan, yang, pada prinsipnya, tidak dilindungi hari ini,” ungkap Komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia, Kolonel Jenderal Sergei Karakaev, kepada saluran TV Zvezda.

“Dan ada juga kemungkinan lintasan lain - dalam hal kemungkinan peluncuran ke luar angkasa,” kata dia, seperti dikutip kembali kantor berita Sputnik, Minggu (22/5/2022).

Karakaev pun sesumbar, dalam beberapa dekade mendatang, boleh dibilang hampir tidak mungkin pihak atau negara lain membuat sarana untuk mencegat Sarmat.

“Hari ini, mereka (pihak lawan) mengatakan bahwa pertahanan udara tidak ada untuk sistem rudal Sarmat, dan mungkin tidak akan ada dalam beberapa dekade mendatang,” kata Karakaev.

Dia menjelaskan, meskipun berupa roket propelan cair, Sarmat berakselerasi hampir secepat rudal dengan motor roket padat ringan. Hal ini menurut dia menjadi salah satu alasan mengapa Sarmat akan sangat sulit untuk dicegat. 

Kepala Badan Antariksa Rusia (Roscosmos), Dmitry Rogozin mengatakan, Moskow akan menguji Sarmat sepanjang tahun ini. Militer Rusia juga akan mulai menerima rudal tersebut pada musim gugur 2022.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: