Rudal Serang Tentara saat Salat Asar, 2 Tewas 20 Luka

Umaya Khusniah · Senin, 05 Juli 2021 - 05:35:00 WIB
Rudal Serang Tentara saat Salat Asar, 2 Tewas 20 Luka
Tentara pemerintah Yaman memegang sabuk peluru senapan mesin di posisi garis depan selama pertempuran melawan pejuang Houthi di Marib. (Foto: Reuters)

SANAA, iNews.id - Sebuah rudal menghantam kamp tentara di Provinsi Abyan selatan, Yaman, Minggu (4/7/2021). Akibat serangan tersebut, dua tentara tewas dan 20 lainnya luka-luka. 

“Sebuah rudal menargetkan sebuah masjid di kamp Brigade Infanteri Kelima Angkatan Darat di distrik Modiya di provinsi Abyan. Saat itu, tentara sedang salat Asar,” kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya. 

Penasihat Kementerian Informasi Yaman, Muhammad Qayzan mengutuk serangan tersebut. Dalam Twitternya, dia mengatakan jika serangan ini merupakan tindakan pengecut yang menargetkan para tentara saat mereka sedang melaksanakan salat.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Pasukan pemerintah dan lainnya yang berafiliasi dengan Dewan Transisi Selatan yang juga didukung Uni Emirat Arab (UEA) berbagi kendali atas Abyan. Dimana di provinsi ini yang sering terjadi konfrontasi dengan kelompok pemberontak.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014. Saat itu, kelompok pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

PBB memperkirakan, akibat peperangan ini, 233.000 orang tewas dan hampir 80 persen atau sekitar 30 juta penduduk membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan. Sementara lebih dari 13 juta orang dalam bahaya kelaparan. 

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: