Rumah Terbakar di Rumania, 4 Bocah di Bawah Umur Tewas

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 21:14 WIB
Rumah Terbakar di Rumania, 4 Bocah di Bawah Umur Tewas

Ilustrasi rumah terbakar.

BUCHAREST, iNews.id - Empat anak kecil yang ditinggal sendirian di rumah tewas dalam kebakaran di Rumania barat. Petugas pemadam kebakaran menemukan mayat anak-anak itu di lokasi kejadian di Kota Timisoara.

Menurut Inspektorat Jenderal Rumania untuk Situasi Darurat (IGSU), anak tertua yang tewas berumur enam tahun dan yang termuda hanya empat bulan.

Kakak laki-laki mereka yang berusia 14 tahun juga ada di rumah dan dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat karena menghirup asap, tetapi dia tidak terluka.

Menurut IGSU, tungku pembakaran kayu dianggap sebagai penyebab kebakaran yang terjadi antara Rabu malam hingga Kamis (16/1/2020).

Polisi membuka penyelidikan pembunuhan dan memberi tahu otoritas perlindungan anak.

Media setempat, mengutip para tetangga keluarga, mengatakan mereka sudah memperingatkan pemerintah setempat beberapa kali bahwa anak-anak itu diabaikan oleh orangtua mereka.

"Terlepas dari tragedi di Timisoara, tampaknya kampanye kami 'Api membunuh anak-anak' meningkatkan kesadaran akan masalah ini," ujar juru bicara IGSU, Adrian Marin, kepada AFP.

Pada periode antara 2010 hingga 2012, sebanyak 152 anak-anak meninggal dalam kebakaran di Rumania. Namun pada 2018, hanya ada delapan kematian anak di bawah umur, bersama dengan 27 yang terluka.


Editor : Nathania Riris Michico