Rumor Kim Jong Un Meninggal Trending Topic Dunia, Begini Fakta-faktanya

Anton Suhartono ยท Minggu, 26 April 2020 - 10:17 WIB
Rumor Kim Jong Un Meninggal Trending Topic Dunia, Begini Fakta-faktanya

Kim Jong Un (2 dari kiri) dirumorkan meninggal setelah menjalani operasi jantung (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Netizen meramaikan rumor Kim Jong Un meninggal, setidaknya di Twitter. Tanda pagar KIMJONGUNDEAD serta Kim Jong-un pun menjadi trending topic masing-masing di Indonesia dan worldwide pada Minggu (26/4/2020) pagi.

Hal yang jelas sampai saat ini tak ada konfirmasi resmi dari pemerintah Korut bahwa pemimpin yang diyakini berusia 36 tahun itu meninggal.

Bahkan laporan mengenai Kim menjalani operasi jantung pun masih simpang siur.

Berikut beberapa fakta seputar rumor meninggalnya Kim Jong Un:

1. Awal mula muncul isu meninggal

Spekulasi mengenai memburuknya kondisi kesehatan Kim Jong Un muncul setelah dia tak terlihat dalam peringatan ulang tahun pendiri negeri yang juga kakeknya Kim Il Sung pada 15 April 2020.

Media yang berbasis di Korea Selatan dan dikelola oleh sebagian besar pembelot Korut, Daily NK, melaporkan Kim menjalani operasi jantung dan sedang dalam pemulihan di sebuah vila.

2. Kondisi Kim memburuk

Setelah itu muncul beberapa pemberitaan di antaranya dari seorang pejabat Amerika Serikat yang menyebutkan Kim dalam kondisi yang serius pascaoperasi jantung.

Ada pula pemberitaan di Koera Selatan serta di Jepang menyebutkan kondisinya kesehatannya memburuk, bahkan ada kemungkinan meninggal.

3. Bantahan Korea Selatan dan keraguan Donald Trump

Penjabat dari istana kepresidenan Blue House mengenyampingkan rumor Kim sakit. Pernyataannya itu didasarkan tidak adanya pergerakan khusus dan mencurigakan di Pyongyang.

Seperti diketahui, Korsel selalu memantau perkembangan Kim dan pemerintahan Korut.

Donald Trump juga tak percaya Kim sakit parah. Pria yang sudah tiga kali bertemu Kim dalam 2 tahun terakhir itu tak mendapatkan kabar langsung mengenai operasi jantung dan lainnya.

Hubungan Trump dan Kim relatif dekat setelah pertemuan pertama mereka di Singapura pada Juni 2018. Sejak itu mereka beberapa kali berbalas surat.

4. Kim disebut berpotensi mengalami serangan jantung

Pengamat Korut Anna Fifield dalam bukunya ‘The Great Successor’ mengungkap, Kim merupakan sosok yang berpotensi besar mengalami serangan jantung.

Dia mengandalkan pengamatan dalam setidaknya tiga kemunculan publik Kim, yakni saat pertemuan dengan Trump di Singapura pada Juni 2018, di Vietnam pada Februari 2019, dan di perbatasan Korsel.

Meurut dia, Kim memiliki tinggi 5 kaki dan 7 inci atau sekitar 1,65 meter serta berat antara 300 sampai 400 pon atau 136 sampai 181 kilogram. Kondisi tubuh yang tak ideal atau sangat kelebihan berat badan dengan indeks berat tubuh (BMI) 45. Selain itu Kim perokok berat.

5. Kim pernah menghilang lama dan muncul menggunakan tongkat

Ini bukan kali pertama Kim menghilang dari publik disertai isu kesehatan. Pada 2014, dia menghilang selama hampir 6 pekan sebelum muncul kembali dengan menggunakan tongkat.

Beberapa hari kemudian, intelijen Korsel melaporkan Kim menjalani operasi pengangkatan kista dari kakinya.

Editor : Anton Suhartono