Barat Tak Bisa Diandalkan Lagi, Rusia Bakal Perkuat Hubungan dengan Amerika Latin dan Karibia

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 04 Juli 2022 - 22:00:00 WIB
Barat Tak Bisa Diandalkan Lagi, Rusia Bakal Perkuat Hubungan dengan Amerika Latin dan Karibia
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idRusia siap mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan sebagian besar Amerika Latin dan negara-negara Karibia yang juga bersedia untuk melakukannya. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, awal pekan ini.

“Barat pada dasarnya telah memutuskan hampir semua hubungan dengan negara kami (Rusia), dengan murah hati membiarkan dirinya meninggalkan beberapa hubungan ekonomi, di atas segalanya, di mana dia (sebenarnya) memiliki minat,” kata Lavrov pada konferensi pers bersama setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Venezuela, Carlos Rafael Faria Tortosa, di Moskow, Senin (4/7/2022).

“Kami tidak akan secara artifisial merugikan kepentingan kami sendiri. Tetapi kami sampai pada kesimpulan untuk waktu yang lama bahwa Barat tidak dapat diandalkan dan tidak dapat dimintai persetujuannya,” kata diplomat top Rusia itu lagi.

Lavrov menegaskan kembali bahwa Rusia akan terus mengembangkan hubungan ekonomi, politik, teknis militer, dan budaya dengan negara mana pun yang siap melakukannya atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda