Rusia Jual Vaksin Covid-19 ke Pasar Internasional Tahun Depan, Harganya Tergolong Murah

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 24 November 2020 - 21:36:00 WIB
Rusia Jual Vaksin Covid-19 ke Pasar Internasional Tahun Depan, Harganya Tergolong Murah
Rusia akan memproduksi lebih dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 Sputnik V tahun depan dengan harga jual pasar internasional yang terbilang murah. (foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Rusia berencana memproduksi lebih dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 Sputnik V untuk dijual ke luar negeri serta pemakaian dalam domestik. Harga jual Sputnik diklaim salah satu yang termurah.

Vaksin Sputnik V diklaim memiliki tingkat efektivitas mencapai 95 persen berdasarkan analisa data uji coba kedua. Kepala Dana Kekayaan Kedaulatan (RDIF) Rusia, Kirill Dmitriev, mengatakan Moskow dan mitra asingnya memiliki kapasitas untuk membuat lebih dari satu miliar dosis mulai tahun depan, cukup untuk memvaksinasi lebih dari 500 juta orang di dunia.

Pemerintah Rusia akan menjual satu dosis vaksin Sputnik V kurang dari 10 dolar AS (Rp140.000), demikian yang diumumkan melalui akun Twitter resmi Sputnik V dikutip dari Strait Times pada Selasa (24/11/2020).

Harga pasar internasional Sputnik V lebih murah daripada beberapa produk vaksin lain yang dikembangkan negara Barat seperti vaksin produksi Pfizer-BioNTech yang akan dijual seharga 15,5 Euro (Rp260.000) per dosis. Sementara vaksin yang diproduksi AstraZenca harganya diperkirakan 2,5 Euro (Rp42.500) satu dosis.

Sebagai informasi, setidaknya dibutuhkan dua injeksi vaksin untuk satu individu sesuai dengan rekomendasi medis.

Alasan Rusia jual vaksin dengan harga murah

Editor : Arif Budiwinarto