Rusia Kirim 4 Helikopter Tempur ke Mali untuk Perangi Pemberontak

Umaya Khusniah ยท Jumat, 01 Oktober 2021 - 17:37:00 WIB
Rusia Kirim 4 Helikopter Tempur ke Mali untuk Perangi Pemberontak
Pasukan Uni Eropa melatih tentara Mali untuk melawan jihadis. (Foto: Reuters)

BAMAKO, iNews.id - Rusia mengirimkan empat helikopter yang dibeli pemerintah Mali. Selain itu, Rusia juga memberikan senjata dan amunisi. 

Semua perlengkapan perang itu diangkut dalam sebuah pesawat kargo. Semuanya tiba pada pada Kamis (30/9/2021). 

Menteri pertahanan sementara Mali, Sadio Camara mengatakan, pemerintah membeli helikopter dalam kontrak yang disepakati pada Desember 2020. Semua itu untuk mendukung angkatan bersenjata Mali bersama pasukan Prancis, Eropa, dan PBB dalam melawan pemberontak ISIS dan al Qaeda. 

"Mali membeli helikopter-helikopter ini dari Federasi Rusia, negara sahabat yang selalu memelihara kemitraan dengan Mali," katanya kepada media lokal di landasan setelah pesawat mendarat di ibu kota Bamako. 

Pengiriman itu dilakukan pada saat hubungan antara Mali dan mitra militernya, Prancis tengah tegang. Pemerintah Mali dilaporkan merekrut tentara bayaran Rusia saat Prancis membentuk kembali misi kontra-terorisme yang beranggotakan 5.000 orang di wilayah tersebut.

Sumber diplomatik dan keamanan mengatakan kepada Reuters, junta militer Mali yang berusia satu tahun hampir merekrut Grup Wagner Rusia. Prancis lantas melakukan upaya diplomatik untuk menggagalkannya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: