Rusia Klaim Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Paling Mutakhir

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 18:59 WIB
Rusia Klaim Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Paling Mutakhir

Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.idRusia pada hari ini mengklaim berhasil menguji rudal jelajah antikapal hipersonik baru. Hasil uji coba senjata itu pun dipuji oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai “peristiwa besar” bagi negara itu.

Militer Rusia menyatakan, rudal yang diberi nama Tsirkon itu ditembakkan dari fregat Admiral Gorshkov di Laut Putih pada Selasa (6/10/2020) pagi dan berhasil mencapai target dengan mulus. Kepala Staf Umum Militer Rusia, Valery Gerasimov, mengatakan bahwa itu adalah pertama kalinya rudal tersebut berhasil mengenai sasaran di laut.

“Tugas peluncuran sudah dilaksanakan. Uji coba berhasil,” kata Gersimov kepada Putin, seperti dikutip AFP, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, rudal itu mampu mencapai target sejauh 450 kilometer di Laut Barents dengan kecepatan hingga Mach 8 (delapan kali kecepatan suara). Rusia dalam beberapa tahun terakhir memuji-muji pengembangan senjata baru yang futuristik yang diharapkan akan memberikan keunggulan dalam perlombaan senjata dengan AS pada saat ketegangan dengan Barat meningkat.

“Uji tembak Tsirkon adalah peristiwa besar yang tidak hanya dalam kehidupan angkatan bersenjata kita, tetapi untuk seluruh Rusia,” ujar Putin.

Pemimpin Rusia itu pun lantas sesumbar bahwa rudal tersebut belum memiliki tandingan yang sepadan di seluruh dunia. “Tsirkon, tanpa keraguan, dalam jangka panjang akan meningkatkan kemampuan pertahanan negara kita,” ucapnya.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, ada rencana untuk melengkapi kapal-kapal perang dan kapal-kapal selam Rusia dengan Tsirkon.

Putin juga perna mengungkapkan pengembangan senjata baru tersebut dalam pidato kenegaraan pada Februari 2019. Ketika itu, dia mengatakan, senjata itu dapat mencapai target di laut dan di darat dengan jangkauan 1.000 kilometer dan kecepatan Mach 9.

Editor : Ahmad Islamy Jamil