Rusia: Referendum di 4 Wilayah Ukraina Sepenuhnya Patuhi Prinsip Hukum Internasional

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 28 September 2022 - 22:52:00 WIB
Rusia: Referendum di 4 Wilayah Ukraina Sepenuhnya Patuhi Prinsip Hukum Internasional
Sejumlah warga di Mariupol, Ukraina, memberikan suaranya dalam referendum yang digelar Rusia, Minggu (25/9/2022). (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idRusia mengklaim referendum di empat wilayah di Ukraina, baru-baru ini, sudah sejalan dengan norma dan prinsip hukum internasional. Karenanya, pilihan yang telah diambil rakyat di wilayah-wilayah tersebut tak perlu diperdebatkan lagi.

“Referendum diadakan dengan sepenuhnya mematuhi norma dan prinsip hukum internasional,” ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataannya, Rabu (28/9/2022).

Dalam hal ini, kata Kemlu Rusia, penduduk di wilayah Donbas dan Ukraina Selatan menggunakan hak mereka yang sah untuk menentukan nasib sendiri. Ini mengacu pada Piagam PBB, Perjanjian Hak Asasi Manusia Internasional Tahun 1966, Keputusan Akhir Helsinki dari CSCE Tahun 1975, serta Kesimpulan Mahkamah Internasional PBB di Kosovo 22 Juli 2010.

“Hasil plebisit berbicara sendiri: penduduk Donbas, Kherson, dan Zaporizhzhia tidak ingin kembali ke kehidupan sebelumnya dan telah membuat pilihan yang sadar dan bebas untuk mendukung Rusia,” kata Kemlu Rusia lagi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda