Rusia Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik Zircon, Diklaim Tak Ada yang Bisa Mencegat

Anton Suhartono ยท Senin, 19 Juli 2021 - 16:25:00 WIB
Rusia Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik Zircon, Diklaim Tak Ada yang Bisa Mencegat
Kapal Laksamana Gorshkov menembakkan rudal hipersonik Zircon (Foto: Kemhan Rusia)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menguji coba rudal jelajah hipersonik Zircon. Rudal ditembakkan dari kapal perang dan mengenai target di darat di dekat Laut Barents berjarak 350 kilometer.

Kantor berita Interfax, mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, melaporkan, rudal ditembakkan dari kapal perang Laksamana Gorshkov yang berada di Laut Putih.

Zircon merupakan rudal yang dibangga-banggakan Presiden Vladimir Putin. Dalam pidato pada Maret 2018, Putin mengatakan rudal hipersonik tersebut merupakan bagian dari generasi terbaru persenjataan Rusia.

Rudal itu diklaimnya bisa menjangkau target hampir semua titik seluruh dunia serta tak mampu dicegat sistem pertahanan buatan Amerika Serikat sekalipun.

Uji coba pertama dilakukan dari kapal Gorshkov pada awal Oktober tahun lalu dan disebut sebagai hadiah ulang tahun ke-68 untuk Putin. Peluncuran selanjutnya pada November dan Desember. 

Dalam uji coba dari Laut Putih, rudal yang mampu melesat 9.700 kilometer per jam itu dua kali mengenai target, satu sasaran mengambang dan satu target di darat.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: