Rusia Tepis Ancam Barat dengan Nuklir, Peringatkan AS agar Hindari Perang Langsung

Anton Suhartono · Sabtu, 24 September 2022 - 07:50:00 WIB
Rusia Tepis Ancam Barat dengan Nuklir, Peringatkan AS agar Hindari Perang Langsung
Sergei Ryabkov menepis Rusia mengancam negara Barat dengan senjata nuklir (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Rusia Sergei Ryabkov menegaskan negaranya tak mengancam siapa pun dengan senjata nuklir. Hanya saja dia mengingatkan negara-negara Barat untuk tidak ikut campur soal operasi militer khusus Rusia ke Ukraina.

Dalam pidato memperingati 60 tahun Krisis Rudal Kuba, Jumat (23/9/2022), Ryabkov menyoroti reaksi Amerika Serikat (AS) terhadap negaranya. Ini terkait dengan pernyataan Presiden Vladimir Putin yang memerintahkan pasukan nuklirnya dalam siaga tinggi pada Februari lalu, beberapa hari setelah memerintahkan operasi militer ke Ukraina.

“Kami menegaskan tidak mengancam siapa pun dengan senjata nuklir,” kata Ryabkov, merujuk pada doktrin militer yang memberikan syarat penggunaan senjata nuklir, yakni hanya untuk membela diri saat mendapat ancaman eksistensial, dikutip dari RT.

Di sisi lain Ryabkov memperingatkan negara Barat, akan ada risiko yang diterima jika terus ikut campur soal Ukraina. Dia juga mendesak AS untuk menghindari keadaan yang bisa memicu bentrokan militer langsung dengan Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda