Rusia Terus Serang Ukraina, Presiden Zelensky Bersumpah Akan Balas Dendam

Umaya Khusniah · Kamis, 11 Agustus 2022 - 09:32:00 WIB
Rusia Terus Serang Ukraina, Presiden Zelensky Bersumpah Akan Balas Dendam
Presiden Volodymyr Zelensky menegaskan Ukraina akan memberikan balasan atas serangan-serangan yang dilancarkan Rusia. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Presiden Volodymyr Zelensky menegaskan Ukraina akan memberikan balasan atas serangan-serangan yang dilancarkan Rusia. Dia berharap sekutu terus memasok senjata yang lebih kuat untuk militer Ukraina. 

“Angkatan bersenjata Ukraina, intelijen dan badan penegak hukum kami tidak akan membiarkan penembakan Rusia hari ini di wilayah Dnipropetrovsk tanpa balasan,” kata Zelensky dalam pidato video Rabu (10/8/2022) larut malam. 

Zelensky berharap dapat lebih banyak menciptakan kerusakan di pihak lawan. Menurutnya, dengan kekalahan Rusia maka perang dapat diakhiri dengan lebih cepat.

Sebelumnya, Ukraina mengatakan Rusia menembakkan roket ke Marhanets dari wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir yang telah direbutnya di wilayah Dnipropetrovsk. Akibat serangan ini, 13 orang tewas dan 10 terluka.

Dia pun menggarisbawahi perlunya sekutu untuk memasok senjata yang lebih kuat ke militer Ukraina. Menurutnya, semakin banyak kerugian yang diderita Rusia, semakin cepat Ukraina bebas dan keamanan wilayah tercapai.  

"Inilah yang harus dipikirkan oleh setiap orang yang membela negara kami dan membantu Ukraina, bagaimana menimbulkan kerugian sebesar mungkin pada penjajah untuk mempersingkat perang," katanya. 

Perang yang dimulai dengan pasukan Rusia yang menyerang tetangganya pada 24 Februari telah membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal, membunuh ribuan warga sipil dan meninggalkan kota-kota dan desa-desa dalam reruntuhan. Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia menargetkan warga sipil dan kejahatan perang. Tuduhan itu dibantah Rusia.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda