Rusia Uji Coba Rudal Balistik Sarmat, Putin: Akan Buat Musuh Berpikir Ulang

Umaya Khusniah ยท Kamis, 21 April 2022 - 08:25:00 WIB
Rusia Uji Coba Rudal Balistik Sarmat, Putin: Akan Buat Musuh Berpikir Ulang
Rudal terbesar di dunia, salah satunya RS-28 Sarmat (Rusia). (Foto: nationalinterest)

LONDON, iNews.id - Rusia meluncurkan uji coba rudal balistik antarbenua berkemampuan nuklir baru. Presiden Rusia Vladimir Putin yakin, rudal itu akan membuat musuh Moskow berhenti dan berpikir ulang. 

Rudal Sarmat yang telah lama ditunggu-tunggu telah diuji coba untuk pertama kalinya dari Plesetsk, barat laut Rusia. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan, pada Rabu (20/4/2022), Sarmat ditembakkan dari peluncur silo pada 15.12 waktu Moskow. 

Rudal telah dan mengenai sasaran di semenanjung Kamchatka yang berjarak hampir 6.000 km (3.700 mil) dari lokasi peluncuran.

“Senjata ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan menyediakan bahan pemikiran bagi mereka yang, dalam panasnya retorika agresif yang hiruk pikuk, mencoba mengancam negara kita,” kata Putin. 

Dia menambahkan, senjata ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi. Senjata ini mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern.

Pengujian Rudal Sarmat yang dikembangkan selama bertahun-tahun, tidak mengejutkan Barat, tetapi terjadi pada saat ketegangan geopolitik ekstrem. Rusia belum merebut kota-kota besar sejak mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda